Tips Mendapatkan Premi Murah dari Asuransi Jiwa

Bakajojo – Produk keuangan jangka panjang seperti asuransi sangat penting untuk dimilikikarena Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Asuransi bisa menjadi solusi tepat untuk Anda yang tidak ingin khawatir akan masa depan. Namun banyak juga orang yang masih ragu menggunakan asuransi karena menganggap premi asuransi jiwa cukup mahal dan tidak memiliki budget untuk itu. Meskipun sebenarnya mereka sudah paham akan manfaat produk tersebut.

Namun jika Anda mengalami hal yang sama, jangan khawatir, karena Anda tetap bisa mendapatkan premi asuransi murah dan sesuai dengan budget asal tahu caranya. Dan berikut ini adalah beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan produk asuransi jiwa terbaik dengan premi terjangkau:

1. Mengikuti program asuransi jiwa sejak muda

Jika Anda mengambil program asuransi jiwa di usia muda, maka premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan pun semakin kecil. Misalnya, Anda mengambil asuransi di usia 20 tahun, maka akan lebih murah biaya preminya dibandingkan dengan yang mengambil asuransi di usia 30 hingga 40 tahun.

Maka dari itu, lebih baik segera ambil asuransi sedini mungkin, jika memang tidak memiliki tanggungan tersendiri. Alasannya, karena biaya premi yang jauh lebih murah dan untuk antisipasi akan kondisi kesehatan nantinya.

2. Memilih asuransi jiwa term life

Asuransi satu ini memiliki manfaat yaitu memberi proteksi di jangka waktu tertentu. Kontrak dari asuransi ini biasanya sekitar 5, 10, 15, 20 tahun dan seterusnya. Hal ini sangat pas untuk Anda yang ingin memiliki asuransi namun memiliki budget yang terbatas.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan premi dengan biaya lebih murah dibandingkan mengambil jenis asuransi lainnya.

3. Menghindari asuransi jiwa whole life

Dengan mengambil asuransi ini maka Anda akan mendapatkan perlindungan seumur hidup (umumnya hingga 100 tahun). Namun kekurangannya adalah premi yang harus dibayarkan dari jenis asuransi ini lebih besar jika dibandingkan dengan premi asuransi jiwa jenis lainnya. Ini dikarenakan semakin lama program asuransi berjalan, maka semakin mahal pula premi yang perlu dibayarkan.

4. Menentukan jumlah uang pertanggungan yang tepat

Ketika memilih asuransi jiwa, Anda juga perlu menghitung jumlah uang pertanggungan yang tepat sesuai dengan kondisi dan juga kebutuhan. Pertimbangkan juga jumlah tanggungan serta kebutuhan dana yang akan muncul di masa yang akan datang.

Ini bertujuan agar Anda tidak memilih asuransi yang lebih dari kebutuhan atau overinsured yang bisa menyebabkan premi asuransi jiwa yang dibayarkan menjadi lebih mahal. Ingatlah bahwa semakin tinggi uang pertanggungan akan semakin tinggi juga biaya premi yang harus dibayarkan. Jadi bijaklah dalam menentukan.

Demikian beberapa tips dalam memilih asuransi jiwa dengan premi yang murah dan sesuai dengan budget. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki asuransi namun dengan budget yang terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *