Lakukan Hal Berikut Untuk Menghadapi Kehamilan Pertama

Bakajojo – Menantikan hadirnya sang buah hati merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh semua pasangan, keluarga kecil akan terasa lebih lengkap dengan hadirnya sang buah hati dalam keluarga, namun menghadapi kehamilan terutama kehamilan pertama pastinya sangat menegangkan bagi sebagian orang, selain harus merubah pola hidup menjadi lebih baik sang ibu juga harus memastikan setiap saat bahwa janin bertumbuh dengan baik. Namun kini tak perlu khawatir lagi sudah banyak artikel di web hingga aplikasi yang mendukung dan memudahakan para ibu dalam menghadapi dan menantikan proses kehamilan. Sebenarnya merubah pola hidup tidak begitu sulit rasanya jika sedari awal kita memang memiliki pola hidup yang baik, namun untuk sebagian besar orang tentunya peran lain yang membantu mengontrol pola hidup pastinya sangat diperlukan. Selain merubah hidup menjadi lebih baik persiapan-persiapan juga perlu dilakukan saat menantikan sang buah hati hadir ke dunia, persiapan tersebut selain mendukung tumbuh kembang sang janin juga sangat penting untuk menjaga kondisi ibu tetap fit saat mengandung. Jika ini merupakan kehamilan pertamamu kamu bisa melakukan tips dibawah ini untuk menyiapkan diri saat terjadi kehamilan

kalkulator kehamilan

1. Mulailah menghitung perkiraan kelahiran

Sebenarnya perkiraan kelahiran biasanya akan dilakukan oleh dokter kandungan ketika kita melakukan kontrol rutin kehamilan, namun hendaknya ibu juga memahami cara menggunakan kalkulator kehamilan agar dibu dapat memprediksi sendiri. Penggunaan kalkulator kehamilan dihitung melalui 2 cara, salah satu cara yang paling mudah diantaranya dengan menghitung tanggal terakhir terjadinya menstruasi, pembuahan biasanya terjadi seminggu hingga 2 minggu setelah pembuahan. Hitung kalkulator kehamilan dengan cara menambahkan angka 7 pada tanggal terakhir menstruasi dan tambahkan angka 9 pada bulan terakhir terjadinya menstruasi. Kalkulator kehamilan dapat berguna agar ibu mempersiapkan kelahiran dari segi fisik dan materi.

2. Buatlah list makanan yang diperlukan

Makanan atau asupan gizi yang tepat akan sangat mendukung bagi pertumbuhan sang janin saat dalam kandungan, buatlah list atau daftar makanan apa saja yang bisa kamu konsumsi sehari-hari dan sertakan juga jumlah asupan gizi yang diterima dari makanan yang masuk dalam daftarmu, lakukan juga penyusunan daftar makanan yang harus dihindari seperti salah satunya makanan yang tinggi lemak dan kolesterol.

3. Buat list yang harus dilakukan sehari-hari

Selain pola makan kamu juga harus memerhatikan hal-hal apa saja yang mendukung tubuhmu agar tetap dalam kondisi yang fit, buatlah list jenis olahraga yang tepat dengan kondisi kehamilanmu, lakukan olahraga yang ringan sehingga tidak memberatkan ibu ketika dalam kondisi kehamilan namun membuat tubuh menjadi lebih fit dan metabolisme tubuh tetap terjaga.

4. Mulailah menyusun kebutuhan sang bayi

Penantian selama 9 bulan memang bisa dibilang cukup lama, namun jika anda melakukannya dengan senang hati pasti hal tersebut akan terasa sangat sebentar, maka dari itu persiapkanlah mengenai kebutuhan sang bayi ketika sudah lahir seperti pakaian, peralatan, hingga biaya rumah sakit dan juga lakukanlah persiapan dana tak terduga yang akan sangat berguna jika terjadi sesuatu hal tak terduga pada bayi.

Itu dia beberapa hal simple yang bisa dilakukan oleh ibu dalam mempersiapkan masa kelahiran, agar kelahiran yang dipersiapkan dengan baik terjadi dengan lancer tanpa adanya hambatan yang berarti, jangan sampai terjadi hal yang tak diinginkan karena hadirnya buah hati seharusnya menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *