Jangan Sampai Salah, Ini Cara Menyikat Gigi yang Benar 

Bakajojo – Tak hanya perlu menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan mulut juga merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda lakukan. Sebab selama berinteraksi dengan seseorang, perhatian utama pasti akan tertuju pada bagian mulut Anda. Namun sudahkan Anda menggosok gigi dengan baik dan benar? Nah berikut merupakan cara menyikat gigi yang benar.

cara menyikat gigi yang benar

Pilih Pasta Gigi yang Sesuai

Poin pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan jenis gigi Anda. Ternyata penggunaan pasta gigi juga tak boleh sembarangan lo. Selain itu, penggunaan pasta gigi juga tak boleh berlebihan lo. Untuk itu pastikan hanya gunakan pasta gigi sepanjang sikat gigi dan ratakan hingga merata sempurna.

Sikat Membentuk Sudut 45 Derajat 

Ternyata menyikat gigi tak boleh hanya asal menyikat dan membersihkan bagian gigi saja. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan memposisikan sikat gigi membentuk sudut 45 derajat kemudian gosok sikat secara perlahan dengan gerakan memutar.

Gigi Bagian Dalam

Saat menggosok gigi tentunya Anda harus menggosok semua bagian gigi agar bersih sempurna. Tak hanya perlu menggosok bagian depan dan bagian gigi yang terlihat saja. Namun penting juga bagi Anda untuk menggosok bagian dalam gigi untuk membersihkan dan menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang di saja. Jadi pastikan bersihkan gigi secara menyeluruh ya.

Sikat Gigi Graham

Graham merupakan salah satu bagian penting yang wajib Anda bersihkan ketika menggosok gigi. Untuk itu pastikan Anda menggosok seluruh permukaan gigi geraham agar kebersihannya tetap terjaga. Anda bisa menggosoknya menggunakan ujung sikat. Pastikan untuk menggosok secara perlahan agar bulu tidak belok yang akan membuat sikat tidak dapat menjangkaunya.

Gosok Secara Vertikal

Menggosok gigi ternyata juga tak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan. Saat menyikat gigi, pastikan Anda menggosoknya dengan posisi vertikal dari atas ke bawah. Mengapa harus demikian? Hal ini bermanfaat untuk membersihkan gigi bagian depan dan gigi bagian belakang Anda sekaligus.

Menyikat Lidah

Selama menggosok gigi ternyata tak hanya bagian gigi saja yang perlu Anda bersihkan. Namun lidah juga merupakan salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan. Untuk itu pastikan Anda selalu menyikat lidah seusai menggosok gigi. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan bakteri sehingga napas menjadi lebih segar dan terhindar dari bau mulut.

Gunakan Flossing

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan gigi yang bersih maksimal, tak ada salahnya menggunakan flossing untuk membantu membersihkan plak-plak yang bersarang di sela-sela gigi. Caranya juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan flossing atau benang gigi dan masukkan ke sela-sela gigi. Lakukan secara perlahan hingga  gigi bersih.

Gunakan Obat Kumur

Gigi yang terlihat bersih ternyata tidaklah cukup. Demi mendapatkan gigi yang bersih optimal dan terhindar dari masalah bau mulut, ada baiknya Anda menggunakan obat kumur seusai menggosok gigi. Menggunakan obat kumur ini dapat membantu membersihkan bagian gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi dan flossing.

Waktu yang Tepat

Setelah mengetahui cara menggosok gigi dengan baik dan benar, pastikan Anda juga mengetahui waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Pastikan jangan lebih dari 2 menit saat menggosok gigi. Selain itu, pastikan Anda juga selalu menggosok gigi dengan rutin minimal 2 kali sehari di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Ternyata menggosok gigi tidak boleh asal menggosok saja. Ternyata ada cara tersendiri agar bagian gigi dapat bersih sempurna. Nah di atas merupakan cara menyikat gigi yang benar yang bisa Anda terapkan. Selain itu jangan lupa menggunakan pasta gigi Pepsodent untuk membantu menjaga kebersihan gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *