Cara Mengatasi Kutu Beras yang Mengganggu

Bakajojo – Menemukan kutu saat mencuci beras adalah salah satu hal yang tentu saja tidak mengenakkan. Ya, kutu beras tersebut selain akan membuat beras menjadi lebih berbau, juga akan membuat mutu beras menurun sehingga nanti rasa beras ketika sudah menjadi nasi menjadi kurang enak. Tentu saja, hal ini sangat merugikan, terlebih jika Anda membeli beras tersebut dengan harga yang mahal.

Bisa dikatakan bahwa kutu pada beras sebenarnya merupakan salah satu gangguan yang wajar. Hanya saja, gangguan satu ini memang cukup menjengkelkan sekaligus merugikan. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi kutu pada beras yang mengganggu ini.

Tentu, mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi kutu pada beras adalah hal yang sangat penting. Dengan pengetahuan ini, tentu saja berasa Anda di rumah akan aman dari serangan kutu yang mengganggu. Nah, bagaimana cara yang bisa dilakukan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

kutu beras

Tips Mengatasi Kutu Beras Dengan Efektif

Berbincang tentang cara mengatasi kutu pada beras, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Tentu, dengan cara tersebut, maka gangguan kutu beras akan bisa diatasi dengan optimal dan beras Anda tidak akan berbau lagi.

Adapun beberapa cara yang tepat untuk mengatasi kutu pada beras ini adalah sebagai berikut:

1. Menjemur beras di bawah terik matahari

Salah satu cara tradisional yang cukup efektif untuk mengatasi kutu pada beras adalah dengan menjemur beras di bawah terik matahari. Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan karena terik matahari bisa mematikan kutu yang ada pada beras dengan cukup baik.

Nah, untuk melakukan cara ini, Anda bisa meletakkan beras di atas benda yang baik menghantarkan panas. Beberapa benda yang bisa Anda gunakan tersebut diantaranya adalah loyang, seng atau bahan lainnya. Dalam hal ini, Anda hanya perlu untuk menjemur beras tersebut selama beberapa jam hingga memastikan jika tidak ada kutu pada beras yang masih tertinggal.

2. Membekukan beras

Cara lain yang juga cukup mudah untuk dilakukan guna mengatasi kutu pada beras adalah dengan membekukan beras. Namun, membekukan beras yang dimaksud bukan membuat beras menjadi seperti es batu, hanya mendinginkan beras di dalam lemari es.

Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif. Pendinginan yang dilakukan pada beras secara efektif akan mematikan kutu pada beras beserta dengan telur-telurnya. Cara yang perlu dilakukan sangat mudah, yakni dengan mendinginkan beras selama beberapa jam, kemudian keluarkan beras. Cuci bersih beras sebelum di masak dan buang kutu yang mengapung.

Pencegahan pada Kutu Beras

Selain mengatasi kutu beras, ada cara lain yang juga perlu Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda juga perlu melakukan pencegahan pada kutu beras tersebut. Langkah ini sangat penting agar kutu beras tidak berkembang biak di dalam beras yang Anda miliki.

Nah, untuk mencegah serangan kutu pada beras, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Menyimpan beras di wadah yang cenderung tertutup dan menempatkannya di tempat yang sejuk. Selain itu, pastikan tempat penyimpanan beras selalu dibersihkan sebelum digunakan.
  • Memanfaatkan bahan dapur yang tidak disukai oleh kutu. Beberapa diantaranya adalah cabai kering, kayu manis, lada dan lainnya.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara mencegah dan mengatasi kutu beras yang mengganggu. Untuk langkah lainnya, Anda bisa mengklik laman www.cleanipedia.com/id/bagian-dalam-rumah/cara-menghilangkan-kutu-beras.html. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *