Berencana Membeli Sepatu Gunung? Kenali 5 Tipe Sepatu Gunung Berikut Ini

Berencana Membeli Sepatu Gunung? Kenali 5 Tipe Sepatu Gunung Berikut Ini

Bakajojo – Memiliki hobi melakukan kegiatan outdoor menuntut kamu untuk lebih paham perihal perlengkapan yang dibutuhkan. Apa lagi jika jenis kegiatan yang kamu minati tersebut adalah mendaki gunung atau hiking di mana salah satu perlengkapan wajibnya adalah sepatu gunung.

Sepatu jenis ini juga dikenal sebagai sepatu hiking. Sama halnya dengan sepatu model lainnya, sepatu gunung juga terdiri dari beberapa tipe. Ini memudahkan kamu yang ingin memiliki sepatu sesuai dengan medan yang akan dilalui. Apa saja tipe dari sepatu hiking tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

sepatu gunung

1. Tipe Hiking Boots

Sepatu tipe ini cocok dipakai untuk mendaki gunung yang jalurnya landai dan tidak terlalu berat. Hiking shoes ini terdiri dari beberapa pilihan bahan, yakni nilon, kulit maupun suede. Didesain dengan bantalan sepatu yang tidak terlalu tinggi, namun kerangka sepatu mampu melindungi bagian pergelangan kaki.

2. Mid-Weight Boot

Bisa dibilang sepatu hiking yang satu ini dominan dengan model klasiknya. Jika hiking shoes tidak cocok dengan jalur pendakian yang berat, maka alternatifnya adalah mid-weight boot ini.

Meski konstruksi model sepatu hingga solnya tidak terlalu nyaman dipakai karena keras, namun ini lebih memudahkan ketika digunakan untuk melewati medan yang berat. Terlebih jika pendakian membutuhkan waktu berhari-hari.

3. Mountaineering Boot

Tipe-tipe sepatu gunung memang dibuat dengan menyesuaikan variasi medan jalur pendakian yang ada. Salah satunya adalah mountaineering booth yang didesain khusus untuk digunakan di jalur pendakian gunung es, misalnya Gunung Everest.

Agar fungsi sepatu ini semakin maksimal, umumnya pendaki akan menambahkan Crampon (sejenis kerangkap penyangga sepatu agar mudah berjalan di atas es atau salju). Lebih dari itu sepatu tipe ini terbuat dari bahan yang kompatibel digunakan pada tempat yang suhunya rendah.

4. Heavy Boot

Sepatu ini memiliki bantalan yang tinggi sehingga cocok digunakan di jalur pendakian yang sulit. Biasanya bahan Gore-tex merupakan bahan andalan untuk sepatu ini. Bahan ini memiliki kelebihan tahan air, tidak mudah lembab namun uap tetap dapat menembus lapisan bahan ini sehingga sepatu akan tetap nyaman dipakai.

5. Trail Running Shoes

Sesuai dengan namanya, sepatu tipe ini memang cocok dipakai untuk berlari. Namun tentu saja sepatu ini tidak sama dengan sepatu lari yang biasa. Trail running shoes ini kompatibel untuk melalui jalur-jalur di gunung yang cenderung berbatu bahkan berlumpur. Akan tetapi sebaiknya sepatu ini dipakai untuk mendaki gunung yang ketinggiannya standart saja.

Didesain sebagai sepatu lari, sol sepatu pada sepatu ini cenderung keras dan kuat sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal pada kaki di berbagai cuaca maupun medan yang sulit.

Demikianlah 5 jenis sepatu gunung yang perlu kamu ketahui. Jadi, saat berencana membeli sepatu baru, kenali dulu karakter sepatu yang akan dibeli. Apakah nantinya akan dipakai untuk mendaki jalur pendakian yang mudah, sulit atau bahkan bersalju. Kamu harus bisa memilih sepatu yang sesuai agar pendakian berjalan lancar.

Perihal harganya tentu saja bervariasi, namun kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau apabila pandai memanfaatkan promo. Lebih dari itu, sebaiknya kamu memang memprioritaskan kualitas dibandingkan harga sepatu tersebut. Sebab nantinya sepatu ini akan kamu pakai di jalur pegunungan yang tentu saja jauh berbeda dengan sepatu harian yang cukup digunakan di jalanan yang landai dan halus. Jadi, utamakan kualitasnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *